welcom

Comment Pictures: MyNiceProfile.com Comments Pictures

Kamis, 21 April 2011


Sukses Membangun Usaha
Bersama Keluarga
            Kisah sukses usahawan yang merintis langkahnya dari usaha keluarga memang kerap menginspirasi. Wajar kelau kemudian muncul ushawan-usahawan baru yang sebagian sukses menghasilkan laba yang besar, dan sebagian lagi tampak sulit menyisihkan uang hasil usaha untuk dapat di tabung. Memang ada begitu banyak faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut. Salah satunya adalah manajemen keuangan yang kurang baik, laba yang semestinya dialokasikan untuk mengembangkan usaha malah dipakai untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
            Oleh karna itu, menentukan seberapa besar persentase untuk masing-masing kebutuhan menjadi langkah awal yang dapat dilakukan. Memang tidak ada aturan baku untuk pembagian tersebut, semua tergantung pada kondisi dan kebutuhan masing-masing. Tapi yang jelas, pembagian tersebut sebaiknya diikuti dengan komitmen dan disiplin demi pengembangan usaha. Memisahakan rekening pribadi dan rekening usaha pun patut dilakukan agar mudah untuk memantau kondisi keuangan. Lagi pula, jika rekening usaha dan rekening pribadi di jadikan satu. Akan sangat berisiko jika uang usaha digunakan untuk kepentingan pribadi.
            Masing menyangkut pemisahan rekening, administrasi atau pencatatan uang keluar dan masuk juga perlu dilakukan. Bukan semata untuk mendisiplinkan diri, hal tersebut juga berguna membuat usaha menjadi bankable. Bayangkan saja, jika mampu melampirkan administrasi dan data keuangan yang baik dan rapi, pihak bank tentu tak akan terlalu berkeberatan untuk memberi pinjaman modal.
            Proses adaptasi terdapat kondisi pasar hendaknya tak boleh luput dari perhatian, dengan demikian, produk dapat terus dikembangkan dan dapat diterima oleh konsumen. Kita dapat menarik pelajaran bahwa produk-produk yang tidak dikembangkan dan tidak dibarengi dengan pemasaran yang baik, hampir dapat dipastikan akan tergeser oleh para pesaing. Sementara agar usaha keluarga dapat terus berjalan, proses regenerasi pun sebaiknya dilakukan karena suksesi kepemimpinan yang berhasil membutuhkan waktu yang panjang agar usaha keluarga dapat terus berkiprah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar