welcom

Comment Pictures: MyNiceProfile.com Comments Pictures

Minggu, 01 April 2012

Penelitian dalam perusahaan


BAB I
PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang Riset

Sesuai dengan syarat dan ketentuan UAS ( Ujian Akhir Semester ) III (tiga) wajib membuat laporan riset sebagai hasil pembelajaran pada semester ini.

Akademi sebagai perantara utama dalam membentuk mahasiswanya untuk berpotensi dan bersaingdi lingkungan dunia kerja.

Laporan hasil riset ini di dapat dari salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa perhotelan yang bernama Tanah Toraja ( TATOR ) Jakarta Pusat.

1.2              Tujuan Riset

Tujuan dari laporan riset adalah :

1.                  Menambah pengetahuan tentang dunia kerja
2.                  Menambah gambaran bagaimana situasi dunia kerja dalam suatu instansi
3.                  Agar mahasiswa mahasiswi menjaga kekompakannya di dalam suatu kelompok
4.                  Agar mahasiswa mahasiswi lebih bertanggung jawab dalam pekerjaan apapun.







BAB II
PROFIL PERUSAHAAN


2.1              SEJARAH PERUSAHAAN

Hotel TATOR berdiri sejak tahun 1980, dengan memiliki kapasitas kamar sebanyak 10 ruang, dan pada saat itu lebih dikenal dengan nama hostel. Didalam tingkatan hotel Jakarta, hotel ini termasuk kelas Melati 3 ( tiga ).

Pada tahun 1995 Hotel TATOR tersebut melakukan renovasi gedung menjadi 4 lantai dan memiliki kapasitas ruang sebanyak 25 kamar. Setelah renovasi gedung, hotel tersebut menjadi kelas Melati 1 ( satu ).

Alasan mendapatkan kelas Melati 1 ( satu ) karna dalam standar prosedur DKI Jakarta tentang Pariwisata dan Perhotelan Hotel yang memiliki bangunan 4 lantai dan fasilitas yang cukup memadai termasuk kelas Melati 1 ( satu ).

Asal mula nama hotel Tator tersebut didapat dari pemilik hotel yang berasal dari daerah Makassar sehingga mencirikan kepribadian pemelikinya tersebut, dan hotel Tator itu sendiri mempunyai kepanjangan yaitu Tanah Toraja. Yang beralamat di Jalan Jaksa No. 37 Kelurahan Kebun Sirih – Jakarta Pusat.











2.2              Visi dan Misi Perusahaan

Visi

Dikenal dan dicintai karena membantu customer untuk menikmati kualitas pelayanan yang lebih baik setiap hari.

Misi

1.                  Terus menerus meningkatkan kenerja pelayanan
2.                  Memberikan fasilitas yang lebih baik dan lebih nyaman
3.                  Memberikan pelayanan 3S ( Senyum, Salam, Sapa )






















2.3              Struktur Organisasi










BAB III
ANALISA SISTEM PERUSAHAAN / ORGANISASI


3.1              Sistem Informasi

Adapun system informasi di hotel Tator tersebut dalam Standar Operasional kerja masih secara manual dengan proses kerja sebagai berikut :

3.1.1    Dalam Penerimaan Tamu
           
1.      Terlebih dahulu mengecek fasilitas dan ruang kamar yang masih kosong
2.      Mengisi data formulir check in dengan menunjukan Identitas seperti ( KTP / SIM / Paspord )
3.      Memberikan Bill / Bon pembayaran
4.      Menyerahkan kunci kamar

3.1.2    Standart Operasional Prosedur Menginap

Apabila  tamu menyewa kamar hanya beberapa jam atau 1 hari maka akan dikenakan tarif dasar yang sama yaitu sesuai ketentuan dan fasilitas kamar tersebut.

3.1.3        Sistem Prosedur Kerja Administrasi

System kerja yang digunakan dalam penerimaan tamu masih secara manual, sedangkan system kerja di bagian keuangan sudah menggunakan komputerisasi namun hanya menggunakan Sofftware Ms. Office ( Ms. Word dan Ms. Excel ).





3.1.4        Bagian Pengagendaan Data Customer

Bagian pengagendaan mempunyai tugas yaitu penerimaan dan penyortiran data customer berdasarkan identitas Nama, Alamat, dan Negara asalnya tersebut. Tugas selanjutnya apabila customer tersebut menginap kembali maka hanya tinggal mengecek kembali data identitasnya tersebut.
Setelah data customer di sortir berdasarkan Nama, Alamat, Negara asalnya masing-masing untuk selanjutnya diberikan tanggal dan nomor agenda masuk kemudian di kirim ke masing – masing unit menurut tingkat permintaan / permasalahannya guna mendapat penyelesaian lebih lanjut di masing – masing bagian yang semuanya itu berada di lingkungan bagian pengagendaan customer Hotel Tator.

3.1.5        Kekurangan Pengagendaan Secara Manual
           
1.                  Karena masih menggunakan secara manual maka sering ada data customer yang pernah menginap kemudian ingin menginap kembali namun tidak ditemukan
2.                  Dalam mencari dat customer yang lalu cukup memakan waktu yang lama dan tidak secepat menggunakan teknologi computer.

3.1.6    Kelebihan Pengagendaan Secara Manual

1.                  Hemat dalam pembayaran listrik
2.                  Tidak mengeluarkan banyak biaya dalam pengagendaan
3.                  Tidak harus menyervis atau membeli peralatan computer setiap bulan / tahunnya.






3.1.7    Solusi Permasalahan Customer

1.                  Apabila mendapat pelayanan kamar tidak sesuai dengan fasilitas kamar yang di sewa maka harus segera di tindak dan di pindahkan ke kamar yang sesuai dengan fasilitas kamar yang di sewa.
2.                  Apabila ada customer yang berasal dari luar negri maka harus di berikan kepercayaan bahwa pengamanan di Hotel cukup tegas dan ketat.
3.                  Apabila ada customer remaja yang berusia di bawah 17 Tahun atau belum menikah maka tidak boleh menginap dalam satu kamar berlainan jenis kelamin.























BAB IV
PENUTUP


4.1       Kesimpulan

Setelah dilakukan analisa dari kumpulan data – data yang di susun dalam laporan riset ini dapat disimpulkan sebagai berikut :

1.      Dengan adanya laporan riset dapat menambah pengetahuan yang lebih dalam mengenai dunia kerja
2.      Dengan laporan riset mahasiswa mahasiswi lebih mengetahui seberapa jauh menguasai pekerjaan.

4.2       Saran - Saran

4.2.1        Bagi Akademi

ü      Pihak Akademi hendaknya memonitoring
ü      Pelaksanaan dan peraturan riset sangat di perlukan para dosen atau pengajar agar bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang di tentukan.

4.2.2        Bagi Instansi

ü      Tingkatkan kinerja pegawai
ü      Meningkatkan kedisiplinan dalam mengahargai waktu
ü      Menjadi pegawai yang teladan
ü      Mampu menjadi pegawai yang loyalitas terhadap perusahaan
ü      Cepat tanggap dalam meneyelesaikan tugas kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar