welcom

Comment Pictures: MyNiceProfile.com Comments Pictures

Kamis, 24 Februari 2011

Pembuatan Hand Soap

BAB I
PENDAHULUAN

1.1             Latar Belakang
Di zaman sekarang mencari kerja sangatlah sulit lapangan kerja semakin sempit dan teknologi semakin canggih,maka semua perusahaan dituntut untuk mampu bertahan dalam suatu persaingan yang pesat ini,oleh karena itu perusahaan harus bisa memberikan ide yang kreatif untuk menciptakan sebuah produk yang akan dipasarkan kepada masyarakat.
.Oleh karena itu dilingkungan sekolah kami mengadakan  praktek yang berupa pembuatan hand soap yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan yang lebih luas kepada peserta didik dan dapat juga menciptakan lapangan kerja sendiri.dalam praktek yang diadakan disekolah peserta didik bisa terjun langsung dalam pembuatan hand soap.
Dan dalam rangka meningkatkan mutu pelajaran peserta didik yang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: kurikulum,tenaga pendidikan,pembelajaran,sarana-prasarana,alat,bahan dan praktek agar mudah dipahami oleh siswa/i SMK.Siswa/i diwajibkan melakukan praktek pembuatan hand soap dilingkungan sekolah sebagai syarat untuk mengikuti ujian nasional (UN) dan ujian sekolah (US) disekolah menengah kejuruan (SMK) Al-Basyariah.



                                                                                                                                                 


1.2 TUJUAN

Untuk mencapai suatu tingkat kemampuan dan keahlian yang professional, menjadikan siswa-siswi menjadi lebih tahu yang akan minimbulkan jiwa seorang wirausahaan dan bisa mengembangkan bakat dalam dunia usaha.

·         Meningkatkan nilai guna produk untuk kesejahteraan masyarakat
·         Meningkatkan kepuasan terutama kepuasan individu baik secara moral maupun material setelah pembelian produk
·         Meningkatkan pelayanan karna pelayanan sangat penting dan diharapkan oleh konsumen
·         Meningkatkan motivasi dalam berusaha secara professional
·        Mencari keuntungan atau laba merupakan tujuan utama semua pengelolaan usaha











                                                                       
1.3 Sistematika Laporan

BAB I Pendahuluan
1.1   Latar Belakang
1.2  Tujuan
1.3  Sistematika
1.4  Visi dan Misi
BAB II Bahan dan Fungsi
          2.1 Surfaktan 15 %
          2.2 Larutan Garam
          2.3 Zat Warna
          2.4 Parfum
          2.5 Glicerin
BAB III Pembuatan Hand Soap dan alat-alatnya
          3.1 Cara Pembuatan Hand Soap
          3.2 Alat-alat
BAB IV Pengertian dan Kegunaan Hand Soap
          4.1 Pengertian Hand Soap
          4.2 Kegunaan Hand Soap
BAB V Penutup
          5.1 Kesimpulan
          5.2 Saran-saran
Lampiran
Biodata
Foto


                                                                       
1.4 VISI DAN MISI
VISI
Menjadikan siswa-siswi lebih kreatif, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan lebih terampil dalam bidang dunia usaha dan menciptakan suasana belajar yang terdidik. Menyiapkan siswa-siswi menjadi wirausaha yang terdidik, bertakwa kepada tuhan YME, terampil berjiwa wiraswasta, dan memiliki sifat profesionalisme.
MISI
Mengembangkan sekolah sebagai wirausaha yang handal serta meningkatkan program pendidikan dan menambah keahlian dalam bidang pendidikan.
·         Untuk mengembangkan manusia yang berpenghasilan lebih baik, siapapun dapat semangat untuk berusaha dan kepercayaan yang kuat terhadap tuhan YME.
·         Terbuka peluang untuk lebih meningkatkan kreatif dan inovatif berkarya dengan semangat kemandirian.
·         Untuk menciptakan pribadi yang baik dan profesional dalam berwirausaha.
Memotivasi agar siswa dapat membuat laporan kerja setelah lulusan tanpa perlu bersusah payah untuk mencari pekerjaan






                                                         
BAB II
BAHAN DAN FUNGSI
2.1 Surfaktan
Surfaktan (surface active agent) merupakan zat aktif permukaan yang mempunyai ujung berbeda yaitu hidrofil (suka air) dan hidrofob (suka lemak). Bahan aktif ini berfungsi menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat melepaskan kotoran yang menempel pada permukaan bahan. Secara garis besar, terdapat empat kategori surfaktan yaitu:
a. Anionik :
-Alkyl Benzene Sulfonate (ABS)
-Linier Alkyl Benzene Sulfonate (LAS)
-Alpha Olein Sulfonate (AOS)
b. Kationik : Garam Ammonium
c. Non ionik : Nonyl phenol polyethoxyle
d. Amphoterik : Acyl Ethylenediamines


          2.2 Larutan Zat Garam

Pemberian garam dalam proses terutama dimaksudkan untuk menambah kekentalan produk. Namun demikian, keberadaan garam akan sedikit menurunkan kejernihan produk.


          2.3 Zat Warna

Zat warna (Pigment).
Pewarna yang umum dipakai pada produk Cairan Pencuci Piring adalah hijau dan kuning. Meskipun demikian bisa saja anda mengembangkan produk dengan warna yang lebih bervariasi.


2.4 Parfum

Parfum yang lazim digunakan adalah jeruk . Mengapa hanya aroma jeruk yang paling banyak disukai konsumen? Hal ini disebabkan oleh fungsi aroma jeruk yang dapat ‘mengusir’ bau sisa makanan yang melekat pada piring secara dominan. Namun dapat juga digunakan aroma lain.
Parfum adalah campuran minyak esensial dan senyawa aroma (aroma compound), fiksatif, dan pelarut yang digunakan untuk memberikan bau wangi untuk tubuh manusia, obyek, atau ruangan. Jumlah dan tipe pelarut yang bercampur dengan minyak wangi menentukan apakah suatu parfum dianggap sebagai ekstrak parfum, Eau de parfum, Eau de toilette, atau Eau de Cologne.


                                        
BAB III
PEMBUATAN HAND SOAP

       3.1 Cara Pembuatan hand soap
          Sediakan bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam pembuatan hand soap yaitu Surfactan 15%, Larutan Garam, Glicerin, Farfum dan Zat Pewarna, Serta sediakan pula alat-alat yang akan dipergunakan dalam pembuatan hand soap antara lain: Ember/wadah, Adukan yang bersih, Corong dan Botol.
          Cara pembuatan hand soap sebagai berikut:
A.   Siapkan ember atau wadah yang akan dipergunakan dalam pembuatan hand soap,masukan surfactan 15% dengan glicerin ke dalam ember atau wadah yang telah disediakan lalu aduk perlahan hingga merata.
B.    Setelah itu campurkan farfum dan pewarna  kemudian aduk hingga merata.
C.    Lalu  tambahkan larutan garam dan aduk hingga mengental.
D.   Masukan air ½ liter atau secukupnya lalu aduk lagi sampai merata.
E.    Langkah terakhir biarkan hingga busa hilang atau larutan menjadi jernih tanpa ada busa.
3.2    Alat-alat
1.     Ember atau Wadah
2.    Adukan yang bersih
3.    Corong
4.    Botol
BAB IV
Pengertian dan Kegunaan Hand Soap

4.1 Pengertian Hand Soap

Hand bersal dari kata b.inggris yang berarti tangan sedangkan soap berarti sabun. Jadi hand soap adl sabun tangan yang berarti sabun [encuci tangan yang dapat qta gunakan sehari-hari setelah melakukan aktivitas yang membuat tangan kita kotor.


4.2 Kegunaan Hand soap

Menjadikan tangan lebih bersih dan terhindar dari bakteri yang menepel pada tangan dan menghindarkan kita dari penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri yang tidak terlihat oleh pancera indera dan menjadikan tangan lebih lembut dan wangi. 








                                                                       
BAB V
PENUTUP
          5.1 Kesimpulan

          Demikianlah hasil pembuatan laporan dari kami, dari isi pembuatan laporan ini merupakan keseluruhan dari apa yang kami dapatkan selama menjalankan tugas praktek pembuatan produk hand soap dilingkungan SMK Al-Basyariah yang kami paparkan secara tertulis melalui proposal ini.
         
Diakhir bab ini izinkanlah kami menyampaikan permintaan maaf, apabila pembuatan laporan ini banyak terdapat kesalahan atau banyak kata-kata yang tidak tepat pada tempatnya. Disebabkan karena keterbatasan yang dimiliki oleh kami.

          Kami mengucapkan terimakasih kepada guru kewirausahaan yang telah memberikan bimbingan serta didikannya kepada kami tim penulis











                                                                       
5.2 Saran-saran

Kami selaku penyusun laporan ini memberikan beberapa saran yang mudah-mudahan bisa memberikan manfaat. Adapun saran-saran adalah sebagai berikut :


·         Kami menyarankan agar pihak sekolah lebih memperhatikan saat berlangsungnya praktek yang dilakukan oleh peserta didik dilingkungan sekolah SMK Al-Basyariah.
·         Pihak sekolah diharapkan dapat lebih meningkatkan kemampuan murid dalam bidang praktek yang dilaksanakan oleh peserta didik dilingkungan sekolah SMK Al-Basyariah.
·         Sebaiknya sekolah harus menyediakan alat-alat yang akan digunakan untuk kelancaran berlangsungnya praktek yang dilaksanakan dilingkungan SMK Al-Basyariah.










                                                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar